SELAMAT DATANG DI KANTOR BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN | BASARNAS KENDARI | EMERGENCY CALL 115 | 0401 3196557


KAPAL TENGGELAM DILAUT BANDA


KM Alis Permata GT 36  rute pulau buru tujuan bau2 dengan POB (person on board) 23 orang tenggelam dikarenakan gelombang di TKM (tempat kejadian musibah) mencapai 3 meter. kapal tersebut tenggelam di koordinat 03? 51’ 169”S-124? 13’ 125”E pada tanggal 19/5 pukul 19.00 Wita. 19 korban berhasil diselamatkan setelah kapal nelayan yang hendak berlayar menuju kendari kebetulan melintas di jalur yang sama, 4 korban lain masih dilakukan pencarian oleh tim.

Menurut keterangan salah satu korban yang juga kebetulan pemilik kapal Mukhlis (39), kapal tiba-tiba oleng diterjang badai yang malam itu ombak mencapai 2-3 meter sehingga air laut masuk ke dalam kapal membuat kapal yang mereka tumpangi itu tergulung ombak, anak serta istrinyapun menjadi korban dalam musibah ini dan ada diantara empat korban yang belum diketahui keberadaannya hingga saat berita ini diturunkan. dia menambahkan, KM Alis Permata merupakan kapal baru beroperasi dimana ini adalah kali pertama kapal tersebut berlayar, kapal tersebut berlayar dari pulau buru dengan tujuan kota bau-bau bermuatan kopra serta hasil kebun lainnya yang akan dipasarkan di kota bau-bau. 

Setelah di evakuasi kembali oleh Rescue Boat 210 Kendari seluruh korban kemudian diserahkan ke Dinas Sosial serta BPBD prov. Sultra untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

Dalam keterangan perssnya, Kepala Kantor SAR Kendari Jafar henaulu yang ditemui media di Dermaga utama Basarnas kawasan timur pada saat penjemputan seluruh korban,'hari ini rabu, 21/5 pencarian empat korban yang belum berhasil ditemukan akan kami lanjutkan dan berharap yang terbaik, ungkapnya'. Hms/RisYud  



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
21 May 9:09 WIB