SELAMAT DATANG DI KANTOR BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN | BASARNAS KENDARI | EMERGENCY CALL 115 | 0401 3196557


KISAH RASYID DAN IRUL BERAKHIR DISUNGAI KONAWEHA


 

Kendari, Kamis 4/10 --- Berawal dari informasi yang disampaikan oleh Bpk. Indra via Com Centre Basarnas Kendari (0401-3196 557) bahwa telah terjadi musibah dua orang anak terseret arus di sungai konaweha Kec. Landono Kab. Konsel pada Rabu 3/10 Pkl 17.05 Wita, laporan tersebut kemudian ditindak lanjuti oleh Kepala Kantor SAR Kendari Jafar Henaulu dengan mengerahkan delapan orang personilnya dengan menggunakan satu unit Rescue Car, satu unit Rescue Truck lengkap dengan peralatan evakuasi menuju TKM (Tempat Kejadian Musibah).

Menurut keterangan Bpk. Indra{READMORE} yang juga paman dari salah satu korban mengatakan ‘mereka sedang mandi-mandi dipelabuhan penyeberangan tradisional (pincara) karena arus sungai yang deras akhirnya kedua anak ini hanyut terbawa air sungai, itu terjadi pada jam 5 sore pak’ ungkap Indra kepada Tim Basarnas Kendari yang sudah berada di TKM pada Pkl 21.00 Wita.

Proses pencarian kedua korban baru bisa dilakukan keesokan harinya Kamis 4/10, setelah melakukan pencarian dari tempat terakhir kedua korban terlihat oleh warga Tim kemudian menyisir mengikuti arus sungai, tepat Pkl 06.02 Wita berjarak ±2 Mil dari TKM salah satu korban yang berhasil ditemukan oleh Tim langsung diketahui identitasnya oleh warga beserta keluarga korban yakni Rasyid (6th), Rasyid adalah korban pertama yang terhanyut yang kemudian disusul oleh Irul (7th), korban Irul baru bisa ditemukan setelah Tim Rescue Basarnas Kendari dibantu keluarga serta masyarakat setempat menyisir sampai dengan melewati tempat diketemukannya korban Rasyid alhasil tepat Pkl 13.20 Wita Irul juga berhasil ditemukan tidak jauh dari tempat diketemukannya Rasyid.

Isak tangispun pecah mana kala jenazah korban yang telah berada dalam kantung jenasah bertuliskan BASARNAS dibawa kerumah duka, sebuah pesan moril bagi orang tua yang terkadang lalai dalam mengawasi anak-anak mereka sehingga nantinya diharapkan hal demikian tidak terjadi lagi “karena keselamatan bukanlah suatu hal yang kebetulan’.



Kategori Kecelakaan Penerbangan .
Pengunggah : author
4 October 19:41 WIB