SELAMAT DATANG DI KANTOR BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN | BASARNAS KENDARI | EMERGENCY CALL 115 | 0401 3196557


PERESMIAN DERMAGA UTAMA BASARNAS KAWASAN TIMUR DI KENDARI


Kendari-- Rabu (7/5/2014) Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsekal Muda F.H.B Soelistyo, S.Sos meresmikan Dermaga Utama Basarnas Kawasan Timur yang terletak di Kendari Cadi, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Peresmian itu dihadiri oleh Gubernur Sultra, Pejabat TNI dan Polri, Muspida Sultra, serta pejabat Basarnas.

       Dermaga yang diresmikan oleh Kabasarnas ini merupakan dermaga pertama yang dimiliki Basarnas. Selama ini Basarnas belum memiliki dermaga sendiri. Kabasarnas mengungkapkan bahwa Basarnas akan membangun dermaga di tiga kawasan, yakni kawasan barat, tengah, dan timur. "Untuk sementara, dermaga ini dinamakan Dermaga Utama Kawasan Timur. Namun demikian, nantinya dermaga ini akan menjadi dermaga utama kawasan tengah seiring dengan rencana dibangunnya dermaga utama kawasan timur di daerah Papua," katanya. Sedangkan untuk kawasan barat, lanjut Kabasarnas, dermaga akan dibangun di Batam.

            Sementara itu Gubernur Sultra H. Nur Alam, SE, MSi menyambut baik didirikannya dermaga Basarnas di Kendari. Hal itu menurutnya dapat mengoptimalkan kinerja SAR di Sultra khususnya, dan kawasan Indonesia timur pada umumnya. "Pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan pertolongan dan penyelamatan akan semakin cepat dan tepat sasaran, sehingga dapat mengurangi korban pada setiap bencana atau musibah di kawasan ini," terangnya.

            Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor SAR Kendari Djafar Henaulu mengatakan, penempatan dermaga utama Basarnas di Kendari karena tingginya angka kecelakaan transportasi laut di wilayah Sultra. Bahkan terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga dermaga tersebut dapat mendukung operasi SAR agar lebih optimal.

            Dermaga Utama Basarnas Kawasan Timur memiliki panjang 38.7 m, lebar 8 m, serta panjang dan lebar trester 6x8 m. Sementara ini dermaga tersebut menjadi tempat sandar tiga buah kapal Basarnas. Ketiganya yaitu kapal katamaran KN SAR Pacitan, rescue boat RB 210, dan Rigid Inflatable Boat (RIB).

            Menurut Kepala Sub Seksi Operasi SAR Kantor SAR Kendari Basrano, letak Dermaga Utama Basarnas Kawasan Timur ini sekitar 25 km dari Kantor SAR Kendari. Sedangkan Kantor SAR Kendari terletak di Jalan Kapt. Piere Tendean, Baruga, Kendari. Namun demikian jarak tersebut tidak menjadi kendala dalam operasi SAR karena para rescuer siaga di kapal apabila sewaktu-waktu kapal segera digerakkan untuk melaksanakan penyelamatan dan evakuasi.

            Rangkaian acara peresmian dermaga tersebut  rencananya akan diakhiri dengan demo operasi SAR. Namun karena cuaca yang tidak mendukung akhirnya demo ditiadakan. Kabasarnas, Gubernur, dan rombongan diajak berlayar dengan KN SAR Pacitan di Perairan Teluk Kendari. (TimHms)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author